Jaringan Komputer & Telekomunikasi

JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI

PT. Sumbersolusindo Hitech

Perkembangan jaringan telekomunikasi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat cepat. Berbagai macam fasilitas teknologi telekomunikasi terus dikembangkan agar user dapat melakukan komunikasi suara, data, dan grafik atau gambar. Kebutuhan akan komunikasi grafik dan gambar membutuhkan kecepatan data yang semakin tinggi sehingga harus didukung oleh sistem yang handal agar dapat memberikan kualitas layanan dengan baik.

Seiring perkembangan jaman di era globalisasi sekarang ini Jaringan dan telekomunikasi sangat erat hubunganya dengan kehidupan sehari-hari, karena tanpa kita sadari komunikasi sendiri dipakai dalam keseharian kita. Beberapa perangkat yang sering kita pakai adalah telepon atau handphone dan komputer untuk penggunaan internet, dan masih banyak lagi perangkat lainnya.

Alasan saya mengambil tema jaringan dan telekomunikasi ini karena ketertarikan saya terhadap teknologi jaringan telekomunikasi yang semakin berkembang pesat sampai sekarang ini dan setiap hari inovasi dari perkembangan teknologi tersebut selalu update dan ada hal baru yang ditemukan oleh pakar-pakar teknologi.

Dalam makalah ini, saya mencoba untuk memaparkan sedikit tentang jaringan komputer yang telah cek dan teliti pada sebuah perusahaan yaitu PT.Sumbersolusindo Hitech. Dimana penerapan jaringan komputer sudah dilakukan sejak perusahaan ini berdiri. Penerapan teknologi di perusahaan ini digunakan untuk kelancaran dalam usahanya yang bergerak di bidang pengenalan produk, penjualan, dan service kepada pelanggan atau customer.

Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang  mejadi daya tarik jaringan komputer pada  perorangan yaitu:

  1. access ke informasi  yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
  2. komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
  3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).

Latar belakang tema

 Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) serta MAN (Metropolitan Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa.

Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui / memahami tentang komputer jaringan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca tulisan ini diharapkan kita bisa lebih memahami teknologi informasi, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai teknologi dan informasi. Dengan memahami jaringan komputer maka akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Dan untuk mengetahui salah satu contoh penerapan teknologi jaringan komputer pada PT.Sumbersolusindo Hitech. Dimana penerapan jaringan computer sudah dilakukan sejak perusahaan ini berdiri.

Penerapan teknologi di perusahaan ini digunakan untuk kelancaran dalam usahanya yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang meliputi pengenalan dan penjualan, dan produk, serta service kepada pelanggan atau customer. Adapun tujuan utama untuk perusahaan adalah :

  1. Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan digunakan dengan sebaik-baiknya dan menambah kinerja perusahaan.
  2. Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit computer.
  3. High reliability (kehandalan tinggi) : Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.

Mengenai keamanan dari jaringan, perusahaan ini hanya menerapkan dengan menggunakan  antivirus dan firewall yang terinstal (software) pada masing-masing user yang terkoneksi, tanpa penggunaan perangkat keras (hardware) firewall dan antivirus seperti perangkat yang ada pada jaringan berskala besar pada perusahaan corporate.

untuk lebih lanjut bisa dilihat klik disini

Tinggalkan komentar